Tempat Foto Terbaik di Gunung Bromo

Explore Tempat Wisata Yang Wajib dikunjungi di Jepara
November 27, 2019
5 Wahana Jadi Pilihan di Jatim Park 3
Desember 3, 2019

Tempat Foto Terbaik di Gunung Bromo

Tempat Foto Terbaik di Gunung Bromo – Gunung Bromo jadi icon wisata alam di Jawa Timur. Gunung aktif dengan besar 2. 329 mdpl ini masuk dalam kawasan Halaman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Wujud Gunung Bromo bertautan antara lembah serta ngarai dengan lautan pasir seluas 10 km persegi. Mempunyai panorama alam luar biasa sejauh hari membuat Gunung Bromo ramai dikunjungi turis dalam negeri ataupun mancanegara.

Gunung Bromo bisa diakses dengan beberapa alternatif rute, yaitu :

  • Malang : Rute Gunung Bromo dari Malang bisa mulai dari Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Penanjakan – Gunung Bromo.
  • Pasuruan : Rute ke Gunung Bromo dari Pasuruan bisa mulai dari Wonorejo – Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Penanjakan – Gunung Bromo.
  • Lumajang : Rute ke Gunung Bromo dari Lumajang bisa mulai dari Senduro – Burno – Ranu Pane – Gunung Bromo.

Berikut spot Foto wisata Gunung Bromo :

1. Pura Luhur Poten

Bila hendak naik ke Gunung Bromo, ataupun terletak di lautan pasirnya, tentu hendak nampak Pura Luhur Poten. Pura ini jadi tempat ibadah nan sakral untuk Suku Tengger yang menghuni kawasan Halaman Nasional Bromo Semeru. Di pura ini pula upacara Yadnya Kasada diselenggarakan.

Warga Tengger yakin kalau Pura Luhur Poten jadi kediaman dari Si Hyang Widhi Wasa, perwujudan Dewa Brahma. Pura ini dibentuk pada tahun 2000 di kawasan lautan pasir. Tidak hanya jadi tempat ibadah, Pura Luhur Poten pula jadi jujugan para turis. Tetapi, cuma diperkenankan di bagian luarnya saja.

Tidak cuma jadi objek fotografi, bila mau memandang esensi sejati Pura Luhur Poten dapat memandang langsung upacara Yadnya Kasada yang umumnya berlangsung antara bulan Juli- Agustus.

2. Kawah Bromo

Naik ke kawah Gunung Bromo umumnya jadi tujuan kedua sehabis pagi hari turun dari Penanjakan. Kawah Bromo dapat dilihat secara langsung dari atas puncak Gunung Bromo. Sebab statusnya masih aktif, jangan heran jika kawahnya senantiasa menghasilkan asap.

Buat ke kawah, wajib lewat perjuangan naik tangga di lereng pasir Gunung Bromo. Dari puncak Gunung Bromo tidak cuma dapat melihat fenomena gunung vulkanik aktif, namun panorama lautan pasir di sekelilingnya, ditambah dengan Gunung Batok yang gagah menjulang serta pucuk Gunung Semeru.

Satu perihal tidak boleh kurang ingat merupakan bawa masker serta topi, sebab menjelang siang matahari di atas sangat terik.

3. Savana Bromo

Savana ini berada di Dikelilingi bukit – bukit dan tebing yang sangat indah, menjadikan Savana Gunung Bromo sebagai salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi jika ditempuh dengan menaiki kuda. Hm…. sensasi ala film-film Hollywood pasti menjadi hal unik untuk diabadikan lewat kamera.

Savana Bromo menyuguhkan keindahan padang rumput hijau yang menghampar luas di bagian selatan Gunung Bromo, dikenal juga dengan Lembah Jemplang. Savana ini dikelilingi oleh perbukitan hijau di sebelah barat dan tebing dipenuhi pepohonan hijau di bagian timur.

Jika bosan dengan lautan pasir khas Gunung Bromo, maka sejenak santai di Savana Bromo bisa menjadi pilihan yang tepat. Waktu terbaik untuk mengunjungi savana adalah bulan Januari – Juli, dimana masih musim penghujan dan savana akan terlihat hijau menggoda.

4. Penanjakan Point

Puncak Penanjakan maupun Pananjakan yakni puncak sangat besar memandang sunrise ke arah kaldera Tengger, menjadikannya tempat pusat wisatawan menikmati pagi. Tidak hanya itu, terpaan angin di zona ini diklaim tercantum sangat kencang dan sangat dingin. Jadi, harus mempersiapkan perlengkapan apabila berniat ke tempat ini.

Puncak Penanjakan terkenal dengan panorama sunrise yang dijuluki The Golden Sunrise. Sunrise mencuat di antara pegunungan pasir yang tersusun apik membentuk kaldera luas dengan Gunung Semeru di ujung, sangat eksotik. Tidak heran bila di tempat ini banyak pula wisatawan mancanegara yang tidak mau kalah memandang panorama alam khas Gunung Bromo ini.

5. Seruni Point

Puncak Seruni ialah spot di Gunung Bromo yang terbilang baru. Buat ke puncak Seruni, harus naik barisan anak tangga yang dibentuk megah ala Tembok Raksasa Tiongkok. Tetapi jangan salah, walaupun lumayan jauh, panorama alam di kanan kiri tangga ditambah hawa sejuk dapat melupakan rasa letih.

Momen sunrise serta sunset di Puncak Seruni pula sangat menawan. Gunung Bromo nampak jelas dengan hamparan pasir di sekelilingnya ditambah kepulan asap kawah bromo serta megahnya puncak Mahameru di kejauhan.

Pada dikala tertentu, awan- awan pula timbul di sekitar Seruni Point, buatnya semacam di atas awan. Tidak heran bila Puncak Seruni ini disebut- sebut bagaikan saingan Puncak Penanjakan.

 

Itu merupakan sebagian spot di Gunung Bromo yang mempunyai panorama indah serta layak buat didatangi, entah hanya menikmati ataupun mencari gambar. Jadi, suka spot yang mana?

agenbus
agenbus
Agenbus.com merupakan situs resmi agen bus yang sudah bekerjasama dengan berbagai po bus di indonesia, kami menggutamakan pelayanan terbaik dan terdepan untuk pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *